Selasa, 29 Oktober 2013

kebutuhan komputer yang terlupakan : Thermal Paste

anda punya laptop, atau pc desktop??
kok rasanya sekarang menjadi cepat panas bahkan sering mati mendadak
baterai laptop jadi soak dan gampangg habis??
akibat laptop terlalu panas dan mati sendiri, harddisk yang sensitif pun jadi rusak
umur laptop paling lama 3 tahun, untungnya aku punya uang dan beli lagi
tapi kalau yang gak punya uang bagaimana?!!!

inilah yang jadi pertanyaan aku?? kalian mungkin tau atau tidak yakin pada penyebabnya dan mencoba melakukan instal ulang berkali kali namun hasilnya tetap sama.

apa jawaban kalian tentang sebab komputer mengalami kerusakan pada komputer??
itu pasti virus!! OS nya bajakan atau apalah terserah, tentu jawabannya beragam

namun satu ini mungkin terlewatkan

pernah dengar apa yang disebut thermal paste??

thermal artinya suhu dan paste itu bukannya pasta atau gell??
ini hal yang baru kusadari, memang aku adalah seorang yang belajar IT dengan lebih mendalam di dunia perkuliahan, namun kata ini pernah kudengar dulu.
lalu aku kembali teringat saat seorang teknisi yang merepair teman ku si laptop akhir minggu lalu
"wah laptopnya panas banget?? ini perlu dikasi jell"
lalu kujawab "apa maksudnya??"
dan teknisi menjawab "gel unuk pendingin prosessor"
dengan lugunya aku menanyakan hal sepele "harganya??"
teknisi "100 ribu komplit, plus pemasangan"
dan aku berfikir sejenak, tentu uangku sudah menipis akibat instal ulang sebelumnya. dan akupun menjawabnya "wah mahal juga, lain kali saja. uang saya tinggal dikit"
tentu kebiasaanku adalah berucap jujur sesuai dengan apa yang kufikirkan
setelah itu aku lngsung pulang dan kembali berfikir. mengenai pasta pendingin prosessor
tentu saat laptop rusak dan diperbaiki ataupun diinstal ulang aku selalu menampilkan wajah lugu yang tak tau menau, masa ahli komputer gak bisa menangani beginian sih....
aku reparasi ataupun instal ulang hanya karena malas dan tidak mau mengotori tangan sendiri karena instal software bajakan
seharusnya aku mulai menggunakan linux saja

kembali ke topik!!!

aku penasaran dengan pasta yang disebutkan tadi.... sepertinya dulu aku pernah mendengarnya.setelah meminta petunjuk dari eyang gugel. aku mendapat semacam "pencerahan"
ternyata yang dimaksud itu adalah thermal paste
pasta yang difungsikan sebagai penghantar panas yang dipasang pada heatsink/pendingin di prosesor atau chipset kartu VGA .jika membuka pc atau komputer terdapat tempat untuk meletakkan dengan tepat sebuah prosesor dan peletakan itu  terdapat plat prosessor. dan kita perbesar lagi, ternyata diantara kedua benda tersebut terdapat suatu rongga permukan makro yang tidak rata (contoh kenapa semut bisa merayap di cermin?? itu karena bagi semut bahkan kaca yang kia anggap rata pun tidak menar-benar rata). permukaan tidak rata, memberi ruang kosong, udara dapat terjebak disela ruang kosong, sehingga panas tak optimal dihantarkan. maka THERMAL PASTE digunakan untuk menghantarkan panas tidak merata  dan bisa memberikan efek gesekan berakibat panas dan pada akhirnya merusak prosesor, alat vital penunjang komputer.
itulah yang jarang diketahui orang, termasuk beberapa orang yang "dikenal" sebagai ahli komputer yang tidak mengenal detail hardware.

pantas saja saat dulu aku membersihkan dan mempreteli segala yang ada dalam CPU pc. lagipula dulu pc ku sering mati sendiri, karena itu sering diinstal, beruntungnya kini terganti oleh laptop. tujuanku sih selain bersih bersih dari debu, aku juga mau belajar seluk beluk hadware CPU. aku "operasi" sampai bagian terdalam. tanpa merasa berdosa, aku membuka prosesornya. kulihat ada seperti bubuk putih di plat prosesor antara heatsink. aku menyentuhnya, bubuk itu menempel di jari. setelah selesai bersih bersih itupun aku kembali memasang tiap bagian CPU sampai selesai.

dan sekarang aku kembali mengingat. BUBUK PUTIH yang menempel di prosesor, CPU, PC desktop komputerku. kusadar sekarang itu adalah thermal paste, gel yang telah mengering hingga berwujud bubuk putih.
itu adalah SEBAB UTAMA KOMPUTER PERLAHAN RUSAK !!!! karena keringnya thermal paste

nah disini semuanya berawal
aku sebut thermal paste ini adalah gel.

aku jelaskan "domino" gel yang pada akhir lintasannya mengakibatkan kerusakan fatal sebuah komputer
gel akan mengering 1 atau 2 tahun dihitung sejak pemakaian pertama, saat itulah awal  dari efek "domino". gel yang kering akan berakibat komputer bekerja ekstra keras. panas yang seharusnya merambat secara optimal dengan bantuan gel tak berjalan.
kipas internal akan berputar lebih keras untuk mendinginkan suhu di dalam.
jika sudah tidak ada efeknya, gagal dan suhu meningkat, maka bagi laptop, ditandai dengan baterai cepat habis. jika suhu meningkat dan kipas internal tak mampu lagi menangani, tangan akan terasa hangat saat menyentuh bagian luar. itulah awal mengapa kipas eksternal (pc cooler) digunakan, hal ini terkecuali untuk teknologi komputer dengan teknologi hardware lama, yang memang mengeluarkan udara panas. baterai laptop akan semakin sekarat. panasnya suhu berlebih mengakibatkan sensor yang digunakan untuk melindungi komputer aktif. maka untuk menghindari kerusakan internal, maka sensor tersebut secara otomatis mematikan komputer. sensor melindungi komponen internal yang bisa meleleh akibat suhu panas. itulah mengapa komputer kita sering mati sendiri.
di bagian komponen internal, jangan lupakan harddisk. harddisk sangat sensitif, terhadap kemiringan, guncangan, termasuk suhu yang kelewat normal.
dan kamu tau hasil akhirnya....

dan seperti itulah siklus yang terjadi selama ini.... berawal dari hal sepele yan kadang terlupakan.  dan menjawab pertanyaan, mengapa sebagian orang menggonta ganti komputernya setelah kira kira 2 atau 3 tahun, dan sebagian lagi tidak.
sebagian orang yang sedikit tau rahasia kecil ini akan mengurangi kematian perlahan komputer. bberapa orang diantaranya menyembuyikan keberadaan benda ini, sementara aku masih mencari untuk bereksperimen. aku telah mendapati bahwa mungkin benda ini tak dijual bebas. hingga aku tak tau persis bagaimana bentuk kemasan thermal paste yang ada di indonesia,. mungkin aku akan mencari di toko elektronik.
dan setelah kamu membaca postingan ini, kamu tau apa yang terjadi.

untuk selanjutnya, aku akan berbagi secara lebih mengenai thermal paste, jenisnya, ataupun cara menngaplikasikannya pada komputer.
 ini butuh keberanian!!!

8 komentar:

  1. ada kok yg jual, salah satunya di bhinneka.com untuk harganya sendiri kisaran 55-150 ribu, semoga bermanfaat bagi yang membaca

    BalasHapus
  2. toko pok atik juga ada belah kirinya

    BalasHapus
  3. Mas bro kalo pakai Pasta GIGI untuk sementara bisa gk??
    kemarin komputer saya gejalanya kaya postingan mas bro tadi,, saya cek pastanya, emang kering,, jdi bisa gk pke pasta gigi dlu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan pernah pakai pasta gigi, past gigi bisa bikin processor jebol

      Hapus
  4. Pantes abis dibersihin pc jd cpt hang. Krn hal sepele tp bikin 1 dunia terguncang... lol

    BalasHapus