Kamis, 07 November 2013

Alasan

seseorang pernah mengatakan padaku bahwa alasan adalah segala sebab dari takdir
maka alasan itu adalah pupuk yang akan menyuburkan benih dalam diri kita,

seseorang yang lain yakin alasan itu cinta
alasan itu iman
alasan itu Tuhan
alasan itu impian
alasan itu kebutuhan seperti makan
alasan itu kedudukan dan uang
alasan itu .....

alasan atasa apa yang akan dilakukan
tanpanya, hanya membuatku menjadi boneka, zombie atau apapun itu yang jak berjiwa

manusia punya hasrat dan keinginan yang menjadi alasan
tapi terkadang alasan ditemukan terlambat. saat aku menjadi zombie rutinitas, aku lakukan apa yang mereka perintahkan. terkadang aku menyukainya dan terkadanng itu begitu menyakitkan hingga lukanya menembus tulang.
saat aku berdiam dan menemui seseorang yang selama ini terkurung di dalam jiwa. dia adalah seseorang yang lain yang seperti aku. ada beberapa yang seperti dia dan seperti aku. terkadang sangat emosional dan agresive. tapi seseorang menyendiri dipojok itu sangat diam, terkadang memperlihatkan perasaan takut, malu dan tak berbuat apa-apa.
dan mereka memberitahuku siapa aku dan bertanya "apa alasanmu.... apa tujuanmu.... apa keinginanmu dan ketakutanku"
aku tak tau apa jawaban untuk pertanyaan ini.
pernahkah kamu bertemu mereka yang mirip dirimu saat kamu sendiri dan memejamkan mata???
kamu menemukan jawabannya??

aku pernah menjawab pertanyaan mereka dengan penuh kegelisahan.
mereka tak bilang apa" dan menghilang menyatu dengan diriku.

terkadang mereka datang lagi dan menanyakan hal yang sama, mereka tak menunjukkan ekspresi, apakah jawabanku benar atau tidak.
lalu suara itu datang "percaya??"

Aku telah menemukan salah satu alasanku yang dapat ku katakan....
alasan yang membuatku yakin di langkah kebimbangan
alasan yang membuatku tenang dalam goncangan
alasan yang membuatku percaya...
itu adalah
KETAKUTAN

aku takut akan hujan, hingga aku menggunakan payung yang besar
aku takut akan badai, maka kubangun rumah yang kokoh
dan aku takut akan kehancuran hati, matinya perasaan, dan kacaunya pemikiran yang tenang

Allah tau segalanya, apa yang aku bayangkan dan aku fikirkan, semuanya adalah hal buruk, ketidak stabilan, dan ketakutan yang teramat menakutkan hingga mungkin sangat menyakitkan
dan ku yakin, Allah tau hingga Dia tidak membiarkan mimpi burukku terjadi, dan itu menjadi anugerah yang luar biasa, meski tanpa sebab aku merusaknya sedikit, untuk menguji diriku sendiri, Allah telah menunjukkan sedikit kuasaNya

maka aku harusnya bertambah kuat


lalu apakah kamu menemukan alasan itu ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar